Variabel Dalam Pemrograman PHP

Variabel merupakan tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan suatu data atau nilai, yang bersifat sementara. Isi dari Variabel dapat berubah-ubah selama proses program. Suatu variable dalam pemrograman PHP diawali dengan tanda “$” dan diikuti oleh nama variabel yang bersifat case sensitive.



Variabel terdiri dari komponen yaitu nama variabel dan nilai variabel. Misalnya kita ingin menyimpan nilai dari suatu variabel maka kita membuat nama variabel terlebih dahulu kemudian diberikan suatu assignment pada nilai yang diinginkan. Dibawah ini adalah contoh sintaks untuk menyimpan nilai ke dalam suatu variabel.

Ada beberapa aturan penting dalam penulisan nama variabel yaitu:
  1. Dimulai dengan huruf atau underscore ( _ ). Contoh: _4persegi
  2. Nama variabel hanya boleh dituliskan dengan alpha numeric a-z, A-Z, 0-9 dan
    underscore.
  3. Pada nama variabel lebih dari 1 kata tidak boleh menggunakan spasi tetapi dihubungkan dengan underscore atau dapat disambungkan. contoh: Harga_Barang atau HargaBarang.
Perhatikan Contoh dibawah:

Cakupan Variabel (Variable Scope)
Cakupan variabel adalah jangkauan dimana variabel tersebut masih dapat dipanggil (didefinisikan). Cakupan variabel dapat dibedakan menjadi 4 bagian yaitu:
  1. Variabel Global
  2. Variabel Lokal
  3. Variabel Static
  4. Function parameters

Variabel Global
Variabel Global adalah variabel dideklarasikan diluar fungsi yang dapat dikenali dan digunakan oleh seluruh bagian pada sebuah program. Variabel global tidak dikenali  didalam fungsi, kecuali kita  menempatkan kata kunci “global” sebelum pendefenisian nama variabel.
Contoh:

Variabel Lokal
Berbeda dengan variabel global, variabel lokal dideklarasikan didalam sebuah fungsi. Variabel lokal kanya dapat diakses dimana variabel tersebut dideklarasikan.
Contoh:

Variabel Static
Variabel Static adalah variabel yang berada dalam lingkup lokal suatu fungsi. Apabila pada variabel normal, nilai dari variabel akan secara otomatis dihapus pada saat fungsi selesai dijalankan, dan akan dibuat ulang pada saat fungsi dipanggil kembali maka pada Variabel static nilai dari variabel tidak akan berubah.

Function parameters
Parameter adalah variabel lokal yang di deklarasikan pada daftar paramater dalam suatu fungsi, perhatikan contoh berikut :
Demikian semoga bermanfaat
Previous
Next Post »