Membuat Sitemap Pada WordPress Dengan Plugin Google XML Sitemaps

Membuat Sitemap Pada WordPress Dengan Plugin Google XML Sitemaps

Sitemap atau peta situs merupakan salah satu tehnik SEO yang sangat penting pada sebuah blog. Selain agar mudah bagi pengunjung untuk menelusuri artikel yang ada pada sebuah blog, sitemap juga berfungsi agar blog dapat diindeks oleh mesin pencari seperti google dan Bing.

Banyak cara yang dilakukan untuk membuat sitemap pada blog, khusunya untuk blog wordpress (self hosting) bisa dengan menggunakan plugin ataupun tanpa plugin. Beberapa plugin yang digunakan seperti google xml sitemaps, jetpack, WordPress SEO by yoast dan lain sebagainya.


Pada tutorial kali ini saya akan share cara membuat sitemap dengan menggunakan plugin google xml sitemaps. Plugin ini merupakan salah satu plugin terbaik untuk blog wordpress dan sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna. Untuk langkah-langkah pembuatannya silahkan ikuti panduan dibawah:

Cara Install Plugin Google XML Sitemaps

Pertama-tama silahkan login ke akun wordpress sobat. Pada dashboard blog pilih plugin – add new.





Pada tampilan add new plugin, pada kolom search disebelah kanan ketikkan google xml sitemaps dan enter. Maka akan muncul beberapa pilihan diantaranya adalah google xml sitemaps dan klik install now.




Tunggu sampai proses instalasi selesai, dan setelah prose selesai klik aktivate plugin.



Sampai disini proses intalasi plugin Google XML Sitemaps telah selesai, selanjutnya kita akan melakukan setting plugin. Tidak usah lakukan perubah apapun, cukup klik update options. Untuk menguji sitemap coba klik url site map seperti pada gambar dibawah.







Baca Juga Membuat Program Sederhana Chinese Zodiak Dengan Javascript

Demikian Cara Membuat Sitemap Pada WordPress Dengan Plugin Google XML Sitemaps, Semoga Bermanfaat