Uji Pengaruh Regresi Linear Berganda Pada SPSS

Uji Pengaruh Regresi Linear Berganda Pada SPSS

Analisis Regresi Linear Berganda menyatakan bentuk hubungan antara dua atau lebih variable independent dengan variable dependentnya. Uji regresi linear berganda dilakukan untuk meramalkan bagaimana keadaan variable dependen bila dua atau lebih variable independen sebagai factor predictor. Bentuk persamaan regresi berganda  adalah sebagai berikut :  Y = α + β1X1 + β2X2 + ϵ.

Untuk melakukan uji pengaruh regresi linear berganda sobat harus sudah melakukan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik pada datanya. 

Perhatikan caranya:


Hasilnya akan seperti gambar dibawah:



Penjelasan:
Persamaan linear yang diperoleh adalah :
Y =  4.720 +  0,397X1 + 0,314X2

Nilai koefisien regresi variabel sistem informasi berbasis web diperoleh sebesar 0,278 menunjukkan besarnya pengaruh variabel sistem informasi berbasis web terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan nilai koefisien regresi variabel kualitas layanan sebesar 0,356 menunjukkan besarnya pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Sisanya adalah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian tersebut.

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Melakukan Uji Pengaruh Regresi Linear Berganda Pada SPSS, Semoga Bermanfaat