Uji Heteroskedastisitas Dengan Scatterplot Pada SPSS

Uji Heteroskedastisitas Dengan Scatterplot Pada SPSS

Uji Heteroskedastisitas bertujuan menguji apakah dalam model regresi linier berganda terjadi ketidaksamaan variance dari residual satu pengamatan ke pengamatan yang lain. Jika variance dari residual suatu pengamatan ke pengamatan yang lain tetap, maka disebut homoskedastisitas. Sebaliknya, apabila berbeda disebut heteroskedastisitas. Model regresi linier berganda yang baik adalah yang homoskedastisitas atau tidak terjadi heteroskedastisitas.

Hasil yang perlu diperhatikan adalah gambar scatterplot seperti dibawah:


Caranya coba perhatikan baik-baik video dibawah:



Cara menganalisa:
Pada gambar  menunjukkan tidak ada pola yang jelas serta titik-titiknya menyebar di atas dan di bawah angka nol pada sumbu Y, maka tidak terjadi heterokedastisitas.

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Uji Heteroskedastisitas Dengan Scatterplot  Pada SPSS, Semoga Bermanfaat