Uji F Pada SPSS

12:05:00 AM
Kali ini kita akan membahas Uji F pada SPSS. Uji F pada dasarnya menunjukkan apakah semua variabel bebas yang dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama–sama atau simultan terhadap variabel terikat.

Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti pada video dibawah:


Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah:

Hasil  Uji F
Penjelasan:
Pengujian hipotesis  dengan α = 5% diperoleh nilai Fhitung = 38,463 sedangkan nilai Ftabel = 3,939. Jadi  Fhitung  >  Ftabel, dan probabilitas (sig) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi secara simultan variabel sistem informasi berbasis website dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Dari kedua hasil pengujian kedua variabel bebas tersebut terhadap variabel terikatnya dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas (fhitung) memiliki nilai yang lebih besar dari nilai (ftabel) nya dan signifikan juga lebih kecil dari nilai alpha (0.000 < 0,05)

Itu berarti SI Berbasis Web dan Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Melakukan Uju F Pada SPSS, Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »