Rentang Skala Pada SPPS

Rentang Skala Pada SPPS

Menurut Sugiyono (2012: 29 ) statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis suatu statistic hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah  terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.

Analisis deskriptif mengacu pada pengolahan data-data mentah kedalam suatu bentuk yang mudah dimengerti  dengan tabel biasa, grafik garis maupun batang, diagram lingkaran, pictogram, dan penjelasan melalui modus, median, mean, dan variasi kelompok melalui rentang dan simpangan baku.
Analisis deskriptif dilakukan untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis yang telah diajukan. Dalam mengukur hipotesis penelitian ini, rumus yang digunakan untuk mengukur rentang skala adalah :

Rumus Rentang Skala
Rumus Rentang Skala

Keterangan :
n = jumlah sampel
m = jumlah alternatif item
Berdasarkan rumus tersebut maka diperoleh jumlah rentang skala sebagai berikut (100 responden)

 RK = 100 (5-1)/5 = 80  


Hasilnya Tampak seperti dibawah ini:

 No.     Rentang Skala        Kriteria  
 1.     100.0  -   180.1     Sangat tidak bermanfaat, sangat tidak puas  
 2.     180.2  -   260.3     Tidak Bermanfaat, tidak puas  
 3.     260.4  -   320.5     Netral, Ragu-ragu  
 4.     320.6  -   400.7     Bermanfaat, puas  
 5.     400.8  -   480.9     Sangat Bermanfaat, sangat puas  

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Mencari Nilai Rentang Skala Pada SPPS , Semoga Bermanfaat.