Cara membuat Deskripsi Variable Pada SPSS

Penelitian Deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran aktual atau lukisan secara sistematis sesuai dengan fakta, sifat, serta hubungan antar fenomena atau karakter dari data yang diteliti. Statistik ini menyediakan nilai frekuensi, pengukur tendensi pusat dan variabilitas (penyebaran) data.

Statistik deskriptif menjelaskan suatu data yang telah dikumpulkan dan diringkas pada aspek-aspek penting dari data tersebut. Dengan menggunakan data yang ada pada latihan-latihan sebelumnya kita akan mencoba menyajikan deskripsi dari tiap-tiap variable.


Perhatikan Videonya. Karena videonya terlalu panjang dan agar lebih mudah dimengerti maka akan kita bagi untuk tiap-tiap variable.

Deskripsi Variable X1



Deskripsi Variable X2



Deskripsi Variable Y

 

Setelah sobat ikuti langkah-langkahnya maka salah satu hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah (hasil untuk X1.1)


Hasil dari olah data SPSS akan kita buat dalam tabel seperti gambar dibawah.



Cara Mencari Hasil Seperti diatas:
Perhatikan Hasil dari output sobat. Jika sobat menggunakan data yang saya berikan untuk didownload berarti hasil diatas akan sama dengan kepunyaan sobat. Yang akan saya input disini adalah hasil (frequency) saja. Seperti pada X1.1 :
Sangat Tidak setuju frequencynya = 0 ( frequency 0 tidak ditulis pada hasil SPSS)
Tidak setuju frequencynya = 1
Cukup/Ragu-ragu frequencynya = 23
Setuju frequencynya = 63
Sangat setuju frequencynya = 13
Teruskan dengan X1.2 – X1.5

Selanjutnya pada jumlah isikan dengan hasil SPSS (sum). Sobat bisa juga menghitungnya dengan manual untuk membuktikannya, caranya: Frequency (X1.1 *Skor) + (X1.2*Skor) + (X1.3*Skor) + (X1.4 * Skor) + (X1.5*Skor)
= (0*1) + (1*2) + (23*3)+ (63*4) + (13*5)
= 388

Lanjutkan menghitung jumlah  X1.2 – X1.5. Jika sudah sobat jumlahkan untuk mencari totalnya.
Total didapat dari penjumlahan jumlah X1.1 + X1.2 + X1.3 + X1.4 + X15 = 1969
Rata – rata = Total dibagi jumlah X1 (ada 5) = 1969/5 =393,8

Maka kesimpulannya berdasarkan tabel deskripsi variable pada gambar diatas rata-rata dari X1 = 393.8. berdasarkan kriteria skor rata-rata X1 berada pada rentang skala bagian 4  (320.6 - 400.7), yaitu bermanfaat.

Sekarang sobat tinggal lanjutkan pada X2 dan Y...
Masih bingung..? :D silahkan tanyakan bingungnya dimana....

Mencari rentang skala baca Cara Mencari rentang skala.

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Melakukan Cara membuat Deskripsi Variable Pada SPSS, Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »