Cara Menghitung Nilai Total Variable Pada SPSS

2:50:00 AM
Pada Postingan Kali ini kita akan masuk ke Cara menghitung nilai total variable. Bagian ini sangat penting sebelum kita melanjutkan pada cara-cara lainnya seperti cara menentukan validitas, reliabiltas dll. Disini kita akan mencari jumlah total dari variable X1, variable X2 dan variable Y.

Perhatikan tampilan SPSS sobat. Pada total X1 (SI Berbasis web), X2 (Kualitas Layanan) dan Total Y (Kepuasan Nasabah) terlihat masih kosong. Untuk mencari korelasinya Kita akan menjumlahkan Total X1, X2 dan Y.



Untuk menjumlahkannya kita hanya perlu menjumlahkan semua pertanyaan pada tiap-tiap variable. Untuk Variable X1 (ada 5 pertanyaan ) maka X1.1 + X1.2 + X1.3 + X1.4 + X1.5. Untuk X2 ( ada 9 pertanyaan) maka X2.1 + X2.2+ X2.3 + X2.4 + X2.5 + X2.6 + X2.7 + X2.8 + X2.9. Untuk Y (ada  6 pertanyaan) maka Y1 + Y2 + Y3 + Y4 + Y5 + Y6.

Masih Bingung? Perhatikan Video dibawah ini, dan ikuti caranya…



Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Melakukan Cara Menghitung Nilai Total Variable Pada SPSS, Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »