Cara Membuat Variable Pada SPSS

Kali ini saya akan berbagi cara memasukkan variable pada SPSS. Saya asumsikan sobat sudah menginstal software SPSS pada PC/Laptop sobat. Kalau belum punya silahkan sobat download dan install terlebih dahulu. (Download SPSS)

Pada tutorial ini saya menggunkan SPSS 20. Apabila SPSS sobat dibawah seri 20, masih tetap bisa digunakan.Cara kerja dan penggunaan pada seri lain (dibawah 20) tidaklah jauh berbeda
Pada contoh ini saya menggunakan 3 variabel yaitu Variable Sistem Informasi Berbasis web (SI berbasis web) sebagai X1, Kualitas Layanan sebagai X2 dan Kepuasan Nasabah sebagai Y. Untuk 2 variabel hanya perlu membuat variable X dan Y.

Langkah-langkahnya:
Buka Program SPSS sobat (klik 2 Kali) atau dari tombol start -> Program -> SPSS for windows-> SPSS 20 for windows.

Cara Membuat Variable Pada SPSS


Perhatikan gambar diatas. Pada variable X1 ada 5 pertanyaan (kuisioner) yang diinput  sebagai X1.1- X1.5 secara berurut dan diakhiri dengan total X1 (SI Berbasis Web). Pada variable X2 ada 9 pertanyaan sebagai X2.1 – X2.9 dan diakhiri dengan total X2 (Kualitas Layanan). Pada Variabel Y, karna hanya ada 1 maka ditulis Y1 – Y6 dan diakhiri dengan Total Y (kepuasan Nasabah). Penulisan Variabel dan bagian-bagian variable tidaklah mutlak. Saobat boleh ganti sesuai keinginan sobat. Yang penting Sobat bisa paham lebih cepat.

Agar lebih jelas Perhatikan Video dibawah dengan baik dan ikuti petunjuk yang ada.



Setelah selesai silahkan di save dengan cara klik File -> Save As -> Pada file name isikan nama filenya, contoh latihan dan klik save. Simpan ditempat yang gampang diingat agar mudah untuk melanjutkan pada bagian selanjutnya.

 Artikel Sebelumnya: Sejarah SPSS
Tips:
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian cara membuat variable pada SPSS, semoga bermanfaat
Previous
Next Post »