Sekilas Tentang SPSS

Sekilas Tentang SPSS

SPSS (Statistical Package for  Social Sciences) adalah sebuah program yang digunakan untuk pengolahan data. Data yang diperoleh akan diolah dengan perhitungan tertentu dan akan menjadi informasi yang berguna dan digunakan untuk pengambilan kesimpulan/keputusan.


SPSS pertama kali diluncurkan pada tahun 1968. Seperti namanya SPSS awalnya digunakan untuk penelitian yang bersifat sosial. Seiring perkembangan zaman, banyak bidang kajian diluar ilmu sosial yang menggunakan bantuan software ini untuk memecahkan permasalahan yang ada.  Seperti  bidang Arsitektur, Kimia, Kedokteran Fisika bahkan Teknologi Informasi telah menggunakan software SPSS sebagai pengolah  datanya. Software inipun banyak digunakan pada perguruan tinggi untuk keperluan analisis data pada berbagai mata kuliah terkait.

SPSS memiliki 4 jendala yang terdiri dari: 

  1. Menu script Editor Digunakan untuk melalukan pengerjaan SPSS automatically, misalnya ketika membuka, menutup file, menampilkan bentuk output, dll.
  2. Menu Syntax Editor merupakan beberapa perintah atau pilihan yang digunakan SPSS Command Language.   
  3. Menu  Output Viewer merupakan bagian untuk menampilkan output ( hasil olahan data) 
  4. Menu Data Editor adalah bagian yang berfungsi untuk menginput data. Menu data Editor terdiri dari file, edit, view, data, transform, analyse, graphs, utilities dan menu output viewer.


Demikian Semoga bermanfaat