Uji Validitas Dengan Korelasi Corrected Item Terhadap Total Correlation Pada SPSS

Sekarang kita lanjutkan pada Cara Uji Validitas Dengan Korelasi  - Corrected Item Terhadap Total Correlation. Cara Ini agak berbeda dengan cara kita pertama pada uji validitas dengan korelasi – Person Product  Moment. Justru caranya hampir sama dengan cara Uji Reliabilitas (Akan kita bahas pada latihan  berikutnya).

Analisis Corrected Item Terhadap Total Correlation dilakukan untuk menghitung korelasi tiap-tiap item terhadap skor totalnya tanpa melibatkan skor total. Analisis ini digunakan untuk menghindari koefisien nilai item atau butir yang over estimasi.

 Perhatikan Video tutorial dibawah


Hasil dalam analisis ini yang perlu adalah seperti tampak pada gambar:

Variable X1
Corrected Item Terhadap Total Correlation X1

Perhatikan Kolom Corrected Item-Total Correlation. Untuk menyatakan valid tidaknya terlebih dahulu sobat harus tau r tabelnya.  Apabila Corrected Item-Total Correlation (rhitung)  lebih besar dari rtabel (dalam kasus ini rtabel = 0.197 maka data dinyatakan valid.

Hasilnya kita buat kedalam tabel seperti pada gambar dibawah:



Kalo sudah paham silahkan lanjutkan dengan X2 dan Y, kalo masih bingung jangan segan untuk bertanya.

Belumpunya table R, F dan t, silahkan download disini

Tips
Agar lebih mudah memahami artikel tentang SPSS ini sebaiknya ikuti mulai dari postingan awal dengan cara membuka label SPSS dan mengerjakannya secara berurut. Karena pada artikel ini hanya ada satu study beserta data responden yang dapat sobat download. Study kasus yang diolah mulai dari cara Membuat Variable sampai dengan Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS. Terdapat 3 Variable dalam study kasus yaitu Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Web, Kualitas Layanan,  dan Kepuasan Nasabah.

Demikian Cara Melakukan Uji Validitas Dengan Korelasi Corrected Item Terhadap Total Correlation Pada SPSS, Semoga Bermanfaat 
Previous
Next Post »