Sekilas Tentang MySQL

Sekilas Tentang MySQL

MySQL adalah sebuah software gratis yang berguna sebagai sistem manajemen basis data SQL yang multithread dan multi-user. Selain gratis MySQL dikenal akan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya, sehingga MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop.



MySQL pertama kali dibuat dan dikembangkan di Swedia,  oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael “Monty” Widenius. Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980‐an. MySQLmerupakan software database open source yang paling populer. Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan seperti Yahoo!, Alcatel‐Lucent, Google, Nokia, Youtube, WordPress dan Facebook juga merupakan pengguna MySQL.


Tidak seperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah

perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

Untuk sobat yang belum memiliki software ini silahkan download di www.mysql.com. Tetapi kalau sobat sudah menginstall Xampp maka tidak perlu lagi menginstal Mysql ini, karena Mysql sudah satu paket pada program xampp. (Baca cara Install Xampp Pada Windows)