Menggunakan Variabel Pada VB.Net

Variabel pada VB.Net berguna untuk menyimpan nilai sementara untuk diolah dan dipergunakan kembali oleh perintah-perintah selanjutnya. Sama halnya dengan bahasa pemrograman yang lain, VB.net juga memiliki variabel yang sangat penting dalam pembuatan sebuah program (aplikasi). Variabel VB disimpan pada memori komputer yang sifatnya tidak permanent dan akan hilang ketika komputer dimatikan.

Menggunakan Variable Pada VB.Net

Sebelum menggunakan variabel pada pembuatan program VB kita haruslah mendeklarasikan variabel tersebut terlebih dahulu. Untuk mendeklarasikan variabel kita dapat menggunakan perintah Dim seperti contoh dibawah:

 Dim namavariabel As tipedata   

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan ketika akan memberikan nama variabel yaitu:

1. Nama variabel harus diawali dengan huruf alphabet
2. Tidak lebih dari 255 karakter
3. Tidak boleh menggunakan 2 nama variabel yang sama
4. Tidak boleh menggunakan nama variable dengan keyword VB seperti: Module, Integer, dan sebagainya.

Apabila sobat mendeklarasikan sebuah variabel dengan tidak menjalankan aturan seperti diatas maka VB akan memberikan (menampilkan) pesan kesalahan. Setelah sobat mendeklarasikan sebuah variabel maka selanjutnya sobat perlu menambahkan (mengisi) nilai pada variabel tersebut. COntoh sintaksnya:

namavariabel = nilai  

Sekarang kita akan mencoba membuat contoh dengan menggunakan program concole. Buka program VB sobat lalu ketikkan listing dibawah ini tepat dibawah sub main ():


 Dim hasil As String
        'Mengisi Variabel hasil'  
        hasil = "Belajar VB.Net"
        Console.WriteLine("Saya Sedang")
        'Menampilkan Variable nilai'  
        Console.WriteLine(hasil)
        Console.ReadKey()


Menggunakan Variabel Pada VB.Net


Setelah selesai mengetikkan listing tersebut silahkan di running dengan cara menekan tanda panah pada toolbar tepat dibawah menu test atau cara cepatnya tekan F5.

Jika listing yang diletikkan benar maka vb anda akan menampilkan hasil seperti gambar dibawah:


Sekarang perhatikan listing tersebut, penjelasannya:
  1. Pada bagian pertama (kode listing dibaris pertama) disini kita mendeklarasikan sebuah variabel VB bernama nilai dengan tipe data string. 
  2. Lalu pada baris ke3 dilanjutkan dengan memberikan nilai dari variabel (nilai harus diapit oleh tanda ") yaitu "90".
  3. Pada baris ke empat pernyataan console.writeline yang berfungsi untuk menampilkan teks yaitu "nilai uts vb anda adalah". 
  4. Lalu pada baris ke6 kita akan menampilkan hasil kedua yaitu nilai (90)sama dengan cara sebelumnya dengan menggunakan console.writeline. Perhatikan, disini variable nilai ditulis tanpa menggunakan tanda petik.
  5. Lalu ditutup dengan sintaks Console.readkey
  6. Pada baris kedua dan kelima merupakan komentar, anda dapat menggunakan komentar dengan cara mengapitnya dengan tanda kutip.

Sekarang kita akan membuat contoh program perhitungan, perhatikan kembali contoh dibawah ini dan ketikkan pada vb sobat:

 Dim x, y, hasil As Integer  
     x = 10  
     y = 5  
     hasil = x + y  
     Console.WriteLine("10 + 5 =")  
     Console.WriteLine(hasil)  
     Console.ReadKey() 

Jika pada contoh pertama kita menggunakan tipe data string maka untuk operasi perhitungan yang menghasilkan nilai dengan angka maka kita menggunakan tipe data Integer.

Baca Juga: Operator Kontrol Error Pada Pemrograman PHP

Demikian cara menggunakan variabel pada VB.Net, semoga bermanfaat
Previous
Next Post »