Looping (Perulangan) While Pada Pemrograman PHP

Looping (Perulangan) While Pada Pemrograman PHP

Looping (Perulangan) While Pada Pemrograman PHP - Looping (Perulangan) didalam pemrograman PHP digunakan untuk menampilkan perulangan dengan menggunakan kode program. ada beberapa cara untuk menampilkan looping yaitu dengan menggunakan Statement While dan statement do..while.



Statement While
Statement While digunakan untuk melakukan perulangan selama kondisi bernilai true (benar), dan akan berhenti ketika kondisi bernilai false (salah). Contoh syntaksnya:


 while (kondisi benar) {  
   pernyataan;  
 } 


Jadi kira kira cara membacanya ketika kondisi benar maka pernyataan akan diproses.
Contohnya:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<?php  
$x = 1;
 
while($x <= 10) {
  echo "$x <br>";
  $x++;
}
?>  

</body>
</html>

Pada contoh diatas kita akan melakukan perulangan yang di mulai dari 1 ($x) sampai dengan batas x<=5 dimana pengecekan kondisi (while) dilakukan diawal lalu perulangan akan dilakukan dengan cara menambahkan 1 ($x++).


Statement DO..While
Statement Do..While hampir sama dengan While. Statement Do.while dilakukan untuk melakukan perulangan dan dilakukan hanya sekali lalu dilakukan pengecekan kondisi dan jika kondisi benar (true) maka pernyataan akan dikerjakan lagi. Namun jika kondisi salah (false) maka perulangan akan dihentikan. Contoh sintaksnya:

do {  
   pernyataan;  
 } while (kondisi benar);   

Bunyi pernyataan diatas kalau kita baca kira-kira:  proses pernyataan ketika kondisi benar. Perhatikan contohnya:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

 <?php
$x = 1;

do {
    echo "$x <br>";
    $x++;
} while ($x <= 10);
?> 

</body>
</html>

Pada contoh diatas kita menetapkan variabel $x =1 lalu akan menampilkan output ($x) dan melakukan perulangan dengan menambahkan 1 ($x++). Selanjutnya kondisi akan diperiksa sampai dengan kondisi akhir ($x <=5) dan perulangan akan berjalan sampai dengan kondisi akhir terpenuhi, dan jika kondisi tidak terpenuhi maka perulangan akan berhenti.

 Baca Juga Statement Switch Pada Pemrograman PHP

Demikian Contoh Penggunaan Looping (Perulangan) While Pada Pemrograman PHP, Semoga Bermanfaat.