Konstanta Pada VB Net

Konstanta Pada VB Net

Konstanta dalam permograman VB disebut juga sebagai variabel tetap. Penggunaan konstanta memilki fungsi yang hampir sama dengan variabel yaitu untuk menyimpan nilai sementara dari sebuah variabel. Jika pada nilai dari sebuah variabel dapat diubah setelah didefinisikan maka tidak demikian dengan konstanta. Nilai konstanta tidak dapat dirubah pada saat mendeklarasikan konstanta tersebut, karena konstanta memiliki nilai tetap.


Konstanta biasanya digunakan untuk keperluan rumus-rumus matematika seperti tangen, sinus, pi dan lain sebagainya. Penggunaan konstanta sangat diperlukan dengan tujuan untuk memperkecil kesalahan penulisan script dan memudahkan dalam pemeliharaan program. Untuk mendeklarasikan konstanta kita menggunakan pernyataan Const. Contoh:

Const namakonstanta As tipedata = nilai

Contoh kita akan mendeklarasikan sebuah konstanta:

Const GRAVITASI As Single = 9.8

Pada pernyataan diatas kita mendeklarasikan sebuah konstanta yang bernama gravitasi dengan tipe data single yang memilki nilai tetap yaitu 9.8.

Baca Juga: Lingkup Varibael Pada VB net

Sebaiknya didalam mendeklarasikan sebuah konstanta gunakan huruf besar agar kita dapat membedakan antara konstanta dengan variabel.

Demikian Cara Penggunaan Konstanta Pada VB Net, Semoga Bermafaat.