Ekspresi, Konstanta dan Variable Pada PHP

Ekspresi merupakan sebuah ungkapan yang sangat penting dalam pemrograman PHP. Segala yang memiliki nilai didalam pemrograman PHP dapat dikatakan sebagai Ekspresi. Dalam bentuk yang paling sederhana ekspresi dapat berupa konstanta maupun variable. Dalam hal ini dapat dikatakan PHP adalah bahasa pemrograman ekspresi berorientasi dikarenakan hampir semua yang terdapat didalam PHP merupakan ekspresi.

Ekspresi, Konstanta dan Variable Pada PHP


Contoh:
$a= 3

Pada contoh diatas $a merupakan ekspresi yang bernilai 3 sedangkan 3 merupakan konstanta integer.

Dalam bentuk yang kompleks ekspresi melibatkan operator dan operand. Contoh:
10 + 2 * 5

Contoh tersebut merupakan sebuah bentuk dari ekspresi yang menghasilkan nilai 20, dimana 10, 2 dan 5 merupakan operand (nilai asal dalam sebuah operasi) dan tanda + dan * merupakan operator.

Konstanta

Kostanta sering juga disebut sebagai Literal yaitu sebuah identifire yang memiliki nilai tetap (tidak berubah) selama eksekusi sebuah scipt ataupun program. Konstanta digunakan untuk memberikan nilai tetap dalam operasi perhitungan.

Define () adalah fungsi yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah konstanta. Tipe data yang dapat digunakan sebagai konstanta adalah tipe data scalar yaitu boolean, integer, float dan string. Nama identifier untuk konstanta dideklarasikan dengan huruf ataupun garis bawah (underscore) yang bersifat case-sensitive dan tanpa diawali dengan tanda dollar ($).

Baca Juga: Tipe Data Dalam PHP
Perhatikan sintaks berikut:

define( name , value)

Ket:
name adalah nama konstanta
value adalah nilai konstanta

Contoh:
<!DOCTYPE html>  
 <html>  
 <body>  
 <?php  
 // case-sensitive  
 define("Halo", "Selamat datang di Blog kami!");  
 echo Halo;  
 ?>  
 </body>  
 </html>  

Variable

Variabel merupakan tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan suatu data atau nilai, yang bersifat sementara. Isi dari Variabel dapat berubah-ubah selama proses program. Suatu variable dalam pemrograman PHP diawali dengan tanda “$” dan diikuti oleh nama variabel yang bersifat case sensitive.

Untuk contoh dan jenis variable silahkan baca: Variable dalam pemrograman PHP 

Trimakasih Telah Menmbaca Ekspresi, Konstanta dan Variable Pada PHP, Semoga Bermanfaat


Previous
Next Post »