Menambahkan Komponen Pada VB Net 2010

Menambahkan Komponen Pada VB Net 2010

Sekarang kita akan melanjutkan tutorial berikutnya yaitu menambahkan komponen pada vb.net 10.
Ketika kita sudah membuat sebuah form maka kita harus menambahkan komponen atau control terhadap form tersebut. Komponen-komponen tersebut berupa label untuk menambahkan text pada form, komponen button untuk tombol dan sebagainya. Komponen-komponen tersebut sesuai dengan kebutuhan program yang telah kita rancang untuk project kita. Komponen-komponen ini bisa sobat lihat pada jendela tollbox.


Menambahkan Komponen Pada VB Net 2010
Menambahkan Komponen Pada VB Net 2010
Sekarang kita akan mencoba menambahkan beberapa komponen pada project kita, pertama-tama sobat buka dulu vb sobat (baca: mengenal visual basic.net 2010). Dan buat satu buah project.

Form VB Net 2010
Form VB Net 2010

Lalu tambahkan satu buah label, satu texbox dan satu button pada form. Lalu atur posisi sesuai dengan keinginan sobat.

Form 2 VB Net 2010

Sekarang perhatikan tampilan project sobat. kita dapat mengatur ukuran komponen-komponen VB sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk besar kecilnya tampilan form yang akan kita buat. Kita dapat mengaturnya pada properties disebelah kanan tampilan.


Sekarang kita akan merubah text yang ditampilkan, ukuran, posisi dan sebagainya.

Form1.
Untuk merubah nama pada form1 klik satu kali pada form1. Lalu lihat pada properti disebalah kanan. Pada Size ketikkan ukuran 300, 200 dan pada text ganti form1 menjadi latihan 1. Pada Name gantikan form1 menjadi formlat1.

Label1
klik satu kali pada label 1, lalu perhatikan properties. Pada Text ganti label1 menjadi Nama, dan pada Name ganti label1 menjadi lblnama.

Textbox1
Klik satu kali pada textbox, lalu kembali perhatikan properties. Pada Name gantikan textboxt1 menjadi txtnama

Button1.
Klik satu kali pada button, dan perhatikan properties. Pada Text gantikan button1 menjadi Proses, dan pada name gantikan button1 menjadi btnproses.

Text yang telah kita ganti akan ditampilkan sesuai dengan namanya masing-masing. Dan untuk textbox tidak perlu diganti karena ini berfungsi ketika user menginputkan namanya. begitu juga untuk komponen-komponen lain.

Demikian Semoga Bermanfaat