Menambah, Menghapus Dan Menampilkan Form Pada VB Net 2010

Menambah, Menghapus Dan Menampilkan Form Pada VB Net 2010

Menambah, Menghapus Dan Menampilkan Form Pada VB Net 2010 - Untuk membuat aplikasi VB yang besar maka kita harus membuat banyak form, dengan kata lain satu form tidak cukup untuk membuat aplikasi VB yang besar. Jadi kita harus membuat beberapa form. Untuk menambahkankan form pada project kita cukup dengan klik kanan pada nama project pada solution explorer lalu pilih menu add – windows form -. Atau kita dapat juga menambahkan form dengan melalui menu project – add windows form.

Menambah Form Pada VB.Net 2010
Menambah Form Pada VB.Net 2010
Apabila form yang kita buat salah atau tidak sesuai dengan keiginan kita, maka kita dapat juga menghapus form tersebut. Cara menghapus form dapat kita lakukan klik kanan pada nama form yang akan dihapus pada solution explorer lalu klik remove.

Apabila pada program yang kita buat ada beberapa form didalamnya maka ketika kita menjalankan program tersebut yang tampil hanya satu buah form saja. Untuk itu kita perlu memanggil form yang akan ditampilkan selanjutnya. Untuk menampilkan sebuah form dapat kita lakukan dengan cara mempergunakan method show dan method show dialog dari form yang akan ditampilkan:

 namaform.Show()  
 namaform.ShowDialog()

Method adalah sebuah aksi dari sebuah komponen. Ketika kita memenggil form dengan cara metod show ataupun method show dialog maka form akan ditampilkan. Apabila kita mempergunakan maka form yang sebelumnya masih bisa kita pergunakan selama form yang kita panggil masih terbuka,  sedangkan bila kita mempergunakan method show dialog maka form sebelumnya tidak dapat kita pergunakan selama form yang kita panggil belum tertutup.

Agar lebih jelasnya kita akan membuat satu contoh:

Buka program VB sobat dan buatlah satu buah project, lalu tambahkan dua buah form didalamnya.


Selanjutnya sobat tambahkan 2 buah tombol (button) pada form pertama (form1). Untuk tombol pertama ubah text menjadi SHOW dan name menjadi btnshow.  Untuk tombol kedua ubah text menjadi SHOW BUTTON dan name menjadi btnshowdialog. Untuk cara menambahkan button dan menamainya silahkan baca: menambahkan komponen pada vb net 2010.


 Kita akan membuat event pada masing-masing button pada form1. ( baca: menambahkan event pada vb net 2010). Untuk tombol Show ketikkan listing dibawah diantara btnshow.Click dan Ensub.

Form2.ShowDialog()  

Hasilnya akan terlihat seperti dibawah.

Private Sub btnshow_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnshow.Click  
 Form2.ShowDialog()  
 End Sub  
 End Class  
 
Begitu juga untuk button Show Dialog ketikkan potongan listing yang diwarnai hitam persis seperti contoh dibawah.

Form2.ShowDialog()  

Hasilnya akan tampak seperti dibawah.

 Private Sub btnshowdialog_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnshowdialog.Click  
2:  Form2.ShowDialog()  
3:  End Sub  
4:  End Class.  

Apabila sudah selesai sampai disini silahkan sobat jalankan aplikasinya. Coba sobat klik pada tombol show maka form dua akan ditampilkan bukan…? Nah coba sobat kembali pada form1 dengan cara klik formnya, bisa bukan? Sekarang coba lakukan pada tombol show dialog. Sebelumnya hentkan dulu jalannya program dan perhatikan hasilnya….

Baca Juga Menambahkan Event Pada VB Net 2010
Demikian Cara Menambah, Menghapus Dan Menampilkan Form Pada VB Net 2010, Semoga bermanfaat.