Sekilas Tentang HTML

Sekilas Tentang HTML

Sekilas Tentang HTML
HTML adalah kependekan dari Hyper text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang  menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web, yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Editor untuk memdesain suatu web dibagi 2 yaitu yang bersifat text murni dan yang WYSIWYG (Graphic) Editor untuk text, anatara lain Notepad dan
Ultra Edit. Sedang editor WYSIWYG adalah Netscape dan Front Page.
Html merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). html sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
Html dibuat oleh Tim Berners‐Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 html mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan html pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:
1. Elemen berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.
2. Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser.


1. Penamaan Dokumen 

Pilih suatu nama atau sembarang nama, kemudian tambahkan sebuah ekstensi  “.htm” atau “.html” (tanda tanda petik). Contoh : latihan.htm atau latihan.html.

Penamaan Dokumen
Penamaan Dokumen

2. Definisi Elemen



Dokumen html disusun oleh elemen-elemen. “Elemen” merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen html.
 Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup

Contoh:  <title> Latihan </title>

<title>    ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Latihan  ini adalah isi judul dokumen HTML
</title>   ini adalah tag penutup judul dokumen HTML


3. Definisi Tag

Untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen html kita menggunakan tag. Tag HTML terdiri atas sebuah kurung sudut kiri (<,) nama tag, dan sebuah kurung sudut kanan (>). Tag umumnya berpasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup. Tag penutup selalu diawali dengan karakter garing (/).

Contoh elemen : <title> latihan </title>

<title>  adalah tag pembuka
</title> adalah tag penutup

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling
tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar

Contoh :
<p>
        <b>
        Latihan        
        </b>
</p>



Ada beberapa tag yang tidak mengharuskan ditulis secara berpasangan :

- Pragraf dengan Tag <p>
- Ganti baris atau line break <br>
- Garis datar atau horizontal <hr>
- List Item <li>

Note :
Untuk antisipasi standard rekomendasi html generasi mendatang sebaiknya pemrogram web agar: mendisiplinkan dan membiasakan menulis tag secara berpasangan dan membiasakan penulisan tag dengan huruf kecil.

4. Elemen HTML yang Dibutuhkan

Elemen yang dibutuhkan dalam pembuatan dokumen html dinyatakan dengan tag <html>, <head> dan <body> berikut tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri dari tag head dan body. Elemen head berisi informasi trenteng dokumen tersebut sedangkaan body birisi teks yang sebenarnya yaitu : link, grafik, pragraf dan elemen lainnya.