Membuat Software Portable Dengan Cameyo

Membuat Software Portable Dengan Cameyo

Membuat Software Portable Dengan Cameyo
Tentu teman-teman sudah tau apa itu aplikasi portable, atau setidaknya pernah dengar dan menggunakannya. Software portabel selain memiliki ukuran yang lebih kecil juga lebih gampang menggunakannya karna tidak perlu di install di setiap  komputer yang akan kita gunakan karena file-filenya telah di paket bersama didalam satu file eksekusi.
Aplikasi portabel akan sangat berguna bagi teman-teman yang tidak/belum memiliki PC, ataupun karna tidak mau menambah/memperberat kinerja RAm karna sudah terlalu sesak dipenuhi oleh aplikasi lain.
Disini saya akan membagikan cara membuat aplikasi portabel dengan menggunakan software cameyo. Dengan Aplikasi kecil ini temean-teman bisa membuat aplikasi menjadi portabel hanya dengan beberapa langkah :
1.Download Cameyo disini

    2. Jalankan Cameyo, Pilih menu Capture installation, maka Cameyo akan mulai memonitor sistem komputer.
    jalankan program Cameyo

    3. Setelah proses monitor selesai, akan tampil window “Proceed with installation” yang artinya Cameyo siap memonitor software yang kita install.
    Cameyo Memonitor software

    4. Mulai installasi software yang akan dibuat menjadi Portable, termasuk memasukkan serial number jika software tersebut memerlukannya.
    5. Setelah installasi software selesai, klik tombol Cameyo Install done, maka Cameyo akan memulai menyimpan file-file hasil installasi.

    Cameyo Install done

    6. Setelah selesai, kita bisa mengatur file yang akan dijalankan begitu aplikasi portable jadi, seperti contoh berikut:



    7. Setelah di klik OK maka pembuatan versi portable di mulai dan setelah jadi, kita mendapatkan file exe versi portable yang langsung bisa kita jalankan tanpa perlu installasi

    Cameyo juga menyertakan fitur untuk mengedit aplikasi portable yang sudah jadi. Karena terkadang ada file-file yang disertakan yang sebenarnya tidak kita perlukan, sehingga bisa dihapus untuk memperkecil ukuran aplikasi portable yang sudah kita buat. Perlu di ingat bahwa tidak semua software installasi bisa dibuat menjadi versi portable, tetapi yang jelas dengan software gratis ini, kita bisa membuat versi portable dengan lebih mudah.