Sekilas Tentang PHP

Sekilas Tentang PHP

PHP diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya PHP digunakan untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung  pada homepage-nya. Rasmus Lerdorf adalah salah seorang pendukung open source.

Oleh karna itu ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis kemudian menambah kemampuan PHP 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0.




Sekilas Tentang PHP


 

Pada tahun 1996, PHP telah banyak digunakan dalam website didunia.Sebuah kelompok pengembang software  yang terdiri dari Rasmus, Zeew Suraski, Andi Gutman,Stiig Bakken, Shane Caraveo, dan Jim Winstead bekerja sama untuk menyempurnakan PHP 2.0. Akhirnya pada tahun 1998, PHP 3.0 diluncurkan.

Penempurnaan terus dilakukan sehingga pada tahun 2000 dikeluarkan PHP 4.0. Tidak berhenti sampai disitu, kemampuan PHP terus ditambah, dan saat buku ini disusun, versi terbaru yang telah dikeluarkan adalah PHP 5.0.x. 

PHP singkatan dari PHP Hypertext Prepocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan Web yang disisipkan pada dokumen HTML. Penggunaan PHP memengkinkan web dapat dibuat dinamis sehingga maintenance situs web tersebut mmenjadi lebih mudah dan lebih efisisen. PHP merupakan software open-source yang disebarkan dan dilisensikan secara gratis serta dapat di-download secara bebas dari situs resminya.

PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bias melakukan apa saja yang dapat melakukan CG, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies, bahkan lebih daripada kemampuan CGI.

PHP dapa digunakan pada semua system operasi, antara lain Linux, Unix ( termasuk variannya HP-UX, Solaris, dan Open BSD), Microsoft Windows, Mac OS x, Risc OS. PHP juga mendukung banyak Web Server, seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIS), Personal Web Server (PWS), Netscape dan iPlanet servers, Oreilly Website Pro server, audium, Xitami, OmniHTTPd, dan masih banyak lagi lainnya, bahkan PHP dapat bekerja sebagai suatu CGI processor

PHP tidak terbatas pada hasil keluaran HTML (HyperText Markup Languages). PHP juga memiliki kemampuan untuk mengolah keluaran gambar, file PDF, dan movies Flash. PHP juga dapat menghasilkan teks seperti XHTML dan file XML lainnya. 

Salah satu fitur yang dapat diandalkan oleh PHP adalah dukungannya terhadap banyak database. Berikut database yang dapat didukun oleh PHP:

    Adabas D
    dBase
    Direct MS-SQL
    Empress
    File Pro
    FrontBase
    Hyperwave
    IBM DB2
    Informix
    Ingres
    Interbase
    MySQL
    ODBC
    MSQL
    Oracle (OC17 dan OC18)
    Ovrimos
    PostgrSQL
    Solid
    SiBase
    Unix DBM
    Velocis